S1 Pendidikan Bahasa Inggris
JUSRIATI, S.Pd., M.Pd
KAPRODI
HUSNANI ALIAH, S.Pd., M.Pd
SEKPRO
Profil Singkat Program Studi
Program studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris merupakan salah ssatu program studi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Palopo
Gelar Lulusan Program Studi
S.Pd.
Visi Program Studi
"Program studi pendidikan Bahasa Inggris sebagai Socio-technopreneur Study Program yang Unggul dan Islami"
Misi Program Studi
- Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dan berkesinambungan dengan semangat socio-technopreneur
- Menyelenggarakan penelitian yang relevan dan inovatif dalam bidang pendidikan, guna menunjang pembangunan dan pengembangan IPTEK
- Menyelenggarakan PKM berbasis penalaran ilmu pendidikan bahasa inggris dan karya penelitian yang bermanfaat untuk menunjang pembangunan dan pengembangan IPTEK
- Melaksanakan pembinaan AIK sebagai basis nilai dalam setiap aktivitas civitas akademika
- Menjalin kerjasama yang produktif yang berkelanjutan dengan lembaga pendidikan, pemerintahan, dan dunia usaha
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal dan ahlak mulia serta memiliki motivasi untuk berbuat bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat pada umumnya
- Menguasai konsep teoritis kebahasaan dan teknik berkomunikasi lisan dan tulisan umum (general English) dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara tingkat postintermediate
- Menguasai konsep teoritis kebahasaan dan teknik berkomunikasi lisan dan tulisan Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for specific purposes); dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara tingkat intermediate
- Menguasai konsep teoritis tentang kesastraan, literasi, dan pembelajaran Bahasa
- Menguasai konsep teoritis tentang pedagogic
- Menguasai prinsip psikologi perkembangan dan psikologi pendidikan
- Menguasai konsep dan teknik pengembangan program pembelajaran, penyajian (metode dan prosedur), pengelolaan, dan evaluasi program pembelajaran Bahasa Inggris yang mendidik
- Menguasai al-Islam dan Kemuhammadiyahan
- Mahir berbahasa Inggris lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara tingkat post-intermediate
- Mampu berbahasa Inggris lisan dan tulisan pada minimal satu bidang Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for specificpur poses) setaratingkat intermediate
- Mampu mengadaptasi budaya pemakai bahasa sasaran yang positif kedalam budaya bahasa ibu
- Merencanakan, menerapkan, mengelola, mengevaluasi pembelajaran, serta melakukan perbaikan metode dan proses Bahasa Inggris sebagai bahasa asing sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta pemangku kepentingansesuais tandar proses dan mutu
- Mampu menerapkan metode dan proses belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English forspecific purposes)
- Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggungjawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif
- Mampu mengidentifikasi dan menganalisis masalah mutu, relevansi, atau akses pembelajaran bahasa Inggris serta menyajikan beberapa alternative solusi sebagai bahan pengambilan keputusan
- Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran
- Mampu menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan